Maké Sapédah [Onthél] Ngariksa Dunya, Nanjeurkeun Tasik Lembur Resik

Senin, 19 Maret 2012

Pengecatan Sepeda Toea

Phillips 1960 hasil restorasi

Ada yang bilang Mang Engkay, Ada juga yang bilang Kang Engkay. Beliau adalah sosok orang tua yang memiliki pengalaman tentang sepeda toe, karena sejak kecil ikut dengan orang tuanya melalukan penjualan sepeda toea. Beliau sekarang, di rumah yang sederhana, beliau memiliki tempat khusus dengan ukuran sekitar 3x2 m dipergunakan untuk bengkel sepeda, tidak hanya sepeda toea yang diperbaiki, namun sepeda model sekarangpun menjali sentuhannya.


Mr. Engkay, sedang melakukan penghalusan frame
Salah satu keahlian beliau adalah melakukan proses pengecatan sepeda toea dengan cara konvensional. Sebuah pompa sepeda beliau gunakan sebagai alat bantu untuk menyemprotkan cat, proses penyemprotan cat sesekali beliau lakukan, proses yang lama adalah melakukan pengecatan menggunakan kuas gambar dan penghalusan cat menggunakan ampelas paling halus dengan bantuan media minyak tanah. Proses konvensional tersebut beliau lakukan semuanya untuk pengerjaan pengecetan, mulai pelapisan poxy, cat meni sampai cat luar. Proses pengecatan menggunakan kuas gambar persentasinya mencapai 80% dari total pengerjaan, 20% untuk pengerjaan penyemprotan cat.

Pengecatan yang beliau lakukan untuk satu sepeda toea mencapai waktu kurang lebih 2 minggu sampai finishing, terakhir pengerjaan adalah membuat garis pada frame, fork, dan slebor menggunakan track pen.


Fork hasil pengecatan tergantung untuk proses pengeringan
Detail hasil pengecatan dilengkapi dengan TM Phillips dan Garis/strip

1 komentar:

  1. kang, bengkel na mang engkay.. di manteun nya ... nuhun

    BalasHapus