Maké Sapédah [Onthél] Ngariksa Dunya, Nanjeurkeun Tasik Lembur Resik

Kamis, 09 Februari 2012

Bengkel Sepeda Toea


Menghidupkan budaya bersepeda tidak hanya dengan menggunakan sepeda modern, namun beberapa tempat atau daerah sejak berapa tahun yang lalu sudah banyak yang menggemari sepeda tua, termasuk diri sendiri jatuh cinta terhadap sepeda tua sejak tahun 2007 dengan modal mendapatkan sepeda tua dari seorang kakek di daerah bandung.

Sepeda tua dalam arti disini adalah sebuah alat transportasi dengan media engkol/tuas kayuhan sebagai penggeraknya dibantu dengan gear depan belakang yang dihubungkan dengan rantai, sepeda tua yang beredar dibeberapa tempat atau daerah di Indonesia merupakan warisan teknologi transportasi zaman penjajahan.

Alat transportasi tersebut digunakan sebagai kendaraan inventaris pejabat atau pegawai, serta ada juga yang dijual secara komersil. Beberapa varian sepeda tua yang dapat kita jumpai berasal dari berbagai negara yaitu Belanda, Inggris, India, dan Jerman bahkan china.

Belanda menjadi salah satu negara pengimpor sepeda tua dengan merk-merk terkenal contohnya Fongers, Gazelle, Simplex, Burgers, batavus, dan Hima. sedangkan inggris adalah Raleigh, BSA, Phillips, dan Hercules, India punya Atlas, Simking.

Sepeda tersebut sekarang menjadi target pencarian dari beberapa orang yang menggemari sepeda tua, teriring dengan mulai bangkit lagi sepeda tua, bangkit juga bengkel-bengkel tua yang sejak dulu menjadi profesinya. Di Kota tasikmalaya, bengkel sepeda tua relatif sedikit.

Sekarang sepeda tua lebih dikenal dengan sebutan sepeda "ONTHEL" .

1 komentar:

  1. Salam Perkenalan,
    Bagus sekali blog ini kerana terdapat info mengenai onthel yang boleh dikongsi bersama peminat2 onthel di seluruh nusantara.

    BalasHapus