Maké Sapédah [Onthél] Ngariksa Dunya, Nanjeurkeun Tasik Lembur Resik

Selasa, 20 Maret 2012

TEHA Sepeda Rhenen


Gear "Hartog"
Sumber : http://www.oudefiets.nl
Salah satu merk sepeda buatan belanda adalah TEHA tepatnya daerah Rhenen. Teun Hartog (1887 – 1956) adalah seorang penggemar sepeda sejati, sejak 1910 Teun Hartog menyimpan sepeda tua di kantornya dan beberapa model sepeda di meja kerjanya. Berawal dari sebuah garasi tempat memperbaiki sepeda sampai tempat untuk menjual sepeda Teun Hartog terus berupaya untuk memperbaiki dan membangun sepeda, usahanya berjalan baik dan akhirnya terbentuklah perusahaan yang mampu membuat frame sepeda sendiri dengan merk TEHA [TEun HArtog].

Awal tahun 30 an, perusahaan pindah ke Zeits dari Amsterdam, pada tanggal 16 januari 1939 Teu Hartog mendaftarkan merk dagang untuk sepedanya yaitu “TEHA”. Pertumbuhan besar perusahaan sekitar tahun 1950 di Belanda dengan nama dalam Bahasa inggris “T. Hartog’s Bicycle Work”, karena pada saat itulah sepeda terjual dengan nama HARTOG. “T. Hartog’s Bicycle Work” memperkerjakan sekitar 130 orang, dan Teha menjadi pusatnya di Rhenen, dengan produksi mencapai 150.000. 

Karena masalah di pasar ekspor, terutama Kemerdekaan Indonesia perusahaan perlu berhemat, dan pindah kembali ke Zeits. 1957 perusahaan ditutup, gedung dijual dan mesin dilelang, kejadian ini setahun setelah Teun Hartog meninggal.

PabrikPerakitan Sepeda Hartog
Sumber : http://www.oudefiets.nl 
Sepeda Hartog yang tersisa salah satunya saya temukan di daerah Parigi kabupaten Ciamis dari seorang buruh serabutan [terkadang nyabit rumput, terkadang ngurus ternak sapi] dengan tinggi berukuran 24” (62 cm), karena kondisi yang cukup memperhatinkan, akhirnya diputuskan untuk melakukan restorasi disertai dengan pengecetan. Sepeda ini bermerk TEHA, karena keterbatsan informasi dan part, akhirnya merk TEHA tidak digunakan sebagai penggantinya saya gunakan Transfer Merk (TM) milik HARTOG, TEHA dan HARTOG sama-sama saja, karena TEHA merupakan majikan terbesar dari HARTOG.
TM Hartog dipakai untuk melengkapi proses restorasi
koleksi pribadi
Dengan menggunakan TM HARTOG dengan ciri khas warna kemesan pada merk/logo depan pada bagian tulisan HARTOG yang ditempelkan pada tube bagian bawah kiri-kanan, logo kecik TH variasi pada sisi kiri kana fork menambah nuansa sepeda jadi terlihat anggun. 

Garis tipis menambah kesan sepeda toea semakin kentara, dengan menggunakan cat berwarna emas hal ini serasi dengan warna khas dari hartog menjadikan proses garis tipis serasi, model yang digunakan adalak kombinasi dua garis sejajar ditiap tube.
Garis Tipis : Ini menjadi salah satu rujukan
Sumber : http://www.oudefiets.nl

Frame : Siap dilengkapi dengan part
Koleksi Probadi
Part yang digunakan merupakan produksi baru [lokal dan non lokal].

Hasil Akhir prose Restorasi Sepeda hartog


Referensi :
1. Koleksi pribadi
2. http://utrechtseheuvelrug.punt.nl/?id=561915&r=1
3. http://www.oudefiets.nl/4besch-hartog.html

3 komentar:

  1. Saya jual sepeda TEHA asli ori hubungi 087746547783 an. arif burhanuddin ( Kudus )

    BalasHapus
  2. saya ada punya hartog di rumah pacitan 089939066668 yoga

    BalasHapus
  3. salam.thx infonya bos...sangat menarik.ulasannya,bagaimanakah cara.mengetahui hartog kita tahun.berapa diproduksi?sekali lg.makasih pencerahannya...

    BalasHapus