Maké Sapédah [Onthél] Ngariksa Dunya, Nanjeurkeun Tasik Lembur Resik

Kamis, 09 Februari 2012

Fosil BSA MK.V Military Roadster di Tasikmalaya.

Kurang lebih 4 bulan lalu saya dapat kabar dari adik saya di Tasikmalaya, katanya di pasar sepeda ada mahluk aneh, penampakannya  kusut, dekil, semua bedak, gincu, semir dll sudah rontok semua, bodinya tinggi kayak jerangkong pokoknya lain dibanding mahluk lainnya. Selang satu hari mahluk aneh tersebut sudah pindah dari pasar loak ke rumah adik saya di Tasik, semua yang menjadi ciri-ciri khusus dari mahluk tersebut diambil gambarnya dan di tampilkan di facebook untuk minta pendapat dari halayak ramai peronthelan……….  Eh  setelah diteliti, diidentifikasi, dibanding-banding plus info dan pendapat dari teman-teman ternyata mahluk tersebut adalah BSA MK.V Military Roadster.

Gambar 1. BSA MK.V

Gambar 1 adalah bentuk penampakan pertama, saat ditemukan di pasar loak sepeda Tasikmalaya. Menurut informasi dari si abah juragan sepeda loak, sepeda tersebut dia dapat dari seorang pedagang beras yang merelakan sepedanya dijual untuk menambah DP kridet motor.

Mengingat dan menimbang dari pada dari pada…. akhirnya tidak lama berselang sepeda tersebut sudah diboyong ke rumah saya di Bogor.

Selama beberapa minggu saya berusaha mencari informasi mengenai sepeda ini, atas info dari Mas Herry Fongers akhirnya saya menemukan website BSA Military Bicycle Museum. Dari web tersebut saya menemukan data dan informasi yang cukup lengkap, info awal yang saya ditemukan adalah  nomor frame, dimana untuk nomor seri military  diawali dengan huruf T dan ketrikan MK.V pada bagian sebelahnya. Kenapa lama sekali menemukan identitas sepeda ini karena ketrikan MK.V dari sepeda ini sudah tidak jelas lagi, yang nampak hanya huruf M dan V saja itupun samar-samar karena ada bekas tempaan pada bagian huruf tersebut. Yang menambah saya jadi GR dan semakin seneng ada beberapa komen dari temen-temen yang mengatakan ini antic, langka, gagah dll, komen tersebut diantaranya dari Pak Sahid Nugroho, saya kutip komen beliau sebagai berikut : (maaf ya Pak Sahid komennya saya tulis... hehe)
Kiri : BSA Museum , Kanan : MK.V Tasikmalaya
Sahid Nugroho collectible item kedua setelah BSA Airborne...23 Mei jam 20:36 ·  berikutnya   Sahid Nugroho ‎@ Pak Agus IMR...di Indonesia yang punya BSA Airborne yang terlacak baru 4 orang. Kalau yang BSA MK V, saya baru lihat sekarang ini...selamat Pak atas koleksi yang langka, sekarang tinggal bikin kostum tentara Inggris...23 Mei jam 20:54

Dari gambar yang saya dapatkan dari BSA Museum, gambar diatas dengan nomor frame T127667 tahun pembuatan 1944, dibandingkan dengan sepeda yang ditemukan jelas terlihat nomor frame T21736, disini ada perbedaan posisi nomor frame kalau MK.V tahun 1944 posisi nomor frame disebelah kiri namun sepeda ini sebelah kanan. Perbedaan ini apakah tahun produksi dari sepeda tsb berbeda? 
Model BalHoff
Menurut komentar dari Prof. Andyt... (mohon ijin juga ya Prof. Komennya saya tulis karena sangat berharga bagi saya.....) Andrian Dektisa H model balhoffnya mengingatkan pada model produk Inggris tahun 1905-1920 an, model trend yang mirip dengan yang digunakan Sunbeam dan Triumph juga Fongers pada tahun-tahun sebelum 1935. 24 Mei jam 11:17 ·

pendapat lainnya.... Andrian Dektisa H kukira ini lebih tua dari tahun 1942/1944, karena model tube depan yang masih menggunakan keni yang menyatu dengan mangkokan konesnya. Dugaan saya malah sebelum tahun 1935. 24 Mei jam 11:14

selanjutnya.... Andrian Dektisa H T127667 (6 digit, dikatakan buatan 1942) mestinya kalau yang T21736 harusnya lebih tua lagi, karena cuma 5 digit. Ini bila mengacu pada sistem penomoran yang lazim digunakan pada Inggris yang urut kacang sesuai produksi.24 Mei jam 11:22
Mengenai letak nomor frame yang berbeda kelihatannya menurut saya berhubungan dengan tahun roduksinya, dan saya sependapat juga dengan Prof. Andyt bahwa sepeda ini berumur lebih tua dari yang ditampilakan diatas.

Selama kurang lebih 3 bulanan saya mencari-cari kelengkapan yang cocok untuk sepeda ini, untuk mendapatkan part yang sesuai cukup sulit, diantaranya berkat bantuan Pak Lili Mekanik Oncom saya membuat duplikat boncengan yang sesuai dengan MK.V  
Ciri khusus lainya adalah khas sepeda BSA Roadster sistem pengereman dengan terpedo dibantu oleh satu rem depan dimana hanya tuas rem sebelah kanan saja yang digunakan.

Untuk sepeda yang ditemukan di Tasikmalaya sendiri masuk dalam ukuran 26” (62 cm), dengan ukuran seperti itu memang cocok untuk postur londo-londo.

Sepeda ini.... sebut saja BSA Tasik ini, juga ada keunikan lain dimana pada stangnya tertulis “RANGER”, sebelumnya ada pertanyaan bahwa apakah ini ketrikan lokal atau memang bawaannya?? Namun setelah dicari informasi melalui website, ternyata RANGER adalah salah satu nama pasukan infantri Inggris (Rangers British Army), jadi dugaan saya BSA Tasik ini peninggalan tentara Inggris saat perang dunia pertama atau kedua, atau harta rampasan perang saat Jepang menguasai Perang Timur Raya, setelah itu Jepang menyerah kepada Sekutu hampir bersamaan dengan Kemerdekaan Indonesia maka kelengkapan dan atribut tentara Jepang seluruhnya dilucuti. ... Gitu kali ya..???
Boncengan Replika BSA dan Stang Tulisan Ranger dengan tuas 1
Ada cerita lain yang masih nyambung dengan Sepeda Perang BSA, di hutan Kalimantan pernah ditemukan sebuah sepeda yang tergantung di dahan pohon yang tinggi, setelah dievakuasi sepeda tersebut adalah sepeda legendaris BSA Airborne Military (sepeda lipat) jenis ini adalah biasa digunakan pasukan parasut tentara Inggris. Kalau disambung-sambungkan dengan sejarah kemerdekaan, dalam sejarah konfrontasi Indonesia-Malyasia, saat itu Malyasia adalah salah satu koloni kerajaan Inggris nah dalam rangka membantu koloninya pasukan infantri dan pasukan terjun payung bantuan dari Inggris secara diam-diam diterjunkan ke Kalimantan (perbatasan Malyasia-Indonesia), untuk menghadang pasukan darat dari Indonesia. Jadi saat penerjunan salah satu pnerjin ada yang nyangkut di atas pohon hutan Kalimantan… bener ngak ya..???

Bentuk frame depan khas sepeda keluaran dibawah tahun 30-an bentuknya mirip Simplex, logo sudah tidak terlihat (Transfer Merk).
BSA MK.V Tasikmalaya
Bentuk stang model BSA Roadster tuas rem hanya sebelah kanan saja, dan pada tengah-tengah stang ada tulisan RANGER (lihat gambar sebelumnya).

Gir depan BSA, supitan dan penyangga frame belakang menyatu ada keling pantek kecil, pada bagian bawah frame tertulis 202, dengan model pantek.
GIR BSA dan Pantek pada Braket
Berikut photo utuh dari BSA MK.V 

BSA MK.V

Agus Iwan Mokhamad R
ONCOM BOGOR

4 komentar:

  1. trims sudah diposting... ditunggu WF nya

    BalasHapus
  2. mantap, selamat deh
    dapat makhluk langka

    BalasHapus
  3. siiipp....
    kemarin keSolo datang nggak....?
    kalo bisa besok pas acara Jogya datang ya Pak,InsyA aku tak bawa BSA MK.V,ini masih berbentuk "FOSIL"

    BalasHapus
  4. waktu di solo saya ngak dateng, insya allah kita bisa ketemu di jogja pak...... sekarang BSA MKV mulai sering bermunculan .. saat ini di facebook kurang lebih ada 10 sepeda yg sudah muncul.... semoga kita bisa saling ketemu bisa saling tukar pengalaman.. makasih pak eko

    BalasHapus